Selasa, 05 April 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Smp

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
BQKLYdJWCFooZRAlYoahglYIWihlECVihqGCVghaKGUQJWKGoYJWCFooZRAlYoahglYIWihlECVihqGCVghaKGUQJW Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia SMP
Sekolah : Sekolah Menengah Pertama Negeri X
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/2
Materi Pokok : Bahan Kimia dalam Kehidupan
Sub Materi : Bahan Kimia Alami dan Buatan
Alokasi Waktu : 1 JP (40 menit/JP)
Pertemuan : ke-3

I. Standar Kompetensi
5. Memahami kegunaan materi kimia dalam kehidupan
II. Kompetensi Dasar
5.3. Mendeskripsikan materi kimia alami dan materi kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam materi makanan.
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk
- Menuliskan ciri-ciri masakan yang memakai pewarna alami
- Menuliskan ciri-ciri masakan yang memakai pewarna buatan
2. Proses
- Mengamati materi masakan yang memakai pewarna masakan alami dan pewarna buatan.
- Menuliskan hasil pengamatan pada kolom hasil pengamatan.
B. Afektif
1. Perilaku berkarakter :
Berani mengemukakan pendapat, aktif dalam proses pembelajaran.
2. Keterampilan sosial :
Bertanya, menghargai pendapat lain.
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Produk
- Dengan mengamati contoh-contoh yang diberikan, siswa sanggup menuliskan ciri-ciri masakan yang memakai pewarna alami dengan benar.
- Dengan mengawati contoh-contoh yang diberikan, siswa sanggup menuliskan ciri-ciri masakan yang memakai pewarna buatan dengan benar.
B. Proses
- Diberikan beberapa teladan makanan, siswa mengamati contoh-contoh masakan yang memakai pewarna alami dan pewarna buatan.
- Dari hasil pengamatan tersebut, siswa menuliskan akhirnya pada kolom hasil pengamatan.
C. Afektif
1. Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses berguru mengajar yang menerapkan Metode Pembelajaran Induktif, diamati dengan LP 1. Paling tidak siswa dinilai memuat kemajuan dalam sikap berani mengemukakan pendapat dan aktif dalam acara pembelajaran.
2. Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses berguru mengajar yang menerapkan Metode Pembelajaran Induktif, diamati dengan LP 2. Paling tidak siswa dinilai menciptakan kemajuan dalam bertanya dan menghargai pendapat orang lain.
V. Materi Pembelajaran
Bahan Kimia Alami dan Buatan.
VI. Model dan Metode Pembelajaran
- Model pembelajaran : Model Pembelajaran Induktif
- Metode Pembelajaran : Diskusi dan tanya jawab.
VII.Kegiatan Pembelajaran 
A. Apersepsi (5 menit) 
- Guru mengucapkan salam pembuka
- Guru mengecek kehadiran siswa
- Guru menanyakan kembali kepada siswa, materi sebelumnya mengenai bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru menginformasikan pada siswa bahwa pada hari ini, akan dipelajari bersama mengenai materi kimia pada makanan, khususnya pewarna makanan. 
B. Kegiatan inti (25 menit)
1. Open Ended 
- Guru menunjukkan teladan masakan “cha-cha” kepada siswa. Kemudian menanyakan perbedaan cha-cha yang satu dengan yang lainnya. (menggiring siswa untuk mengetahui adanya materi pewarna masakan pada teladan tersebut).
- Guru meminta siswa untuk berkelompok.
- Guru kemudian membagikan Lomba Kompetensi Siswa kepada masing-masing kelompok.
- Siswa mendiskusikan Lomba Kompetensi Siswa 1 bersama kelompoknya, jenis materi pewarna yang dipakai dari teladan masakan yang diberikan.
- Guru bersama siswa mendiskusikan balasan yang benar dari Lomba Kompetensi Siswa 1. 
2. Konvergen 
- Setelah mengetahui jenis materi pewarna yang digunakan, siswa bersama kelompoknya mengidentifikasi masakan yang disediakan sebagai contoh.
- Guru membimbing siswa untuk menuliskan karakteristik/ciri-ciri masakan yang memakai pewarna alami dan buatan.
- Perwakilan siswa diminta untuk menuliskan karakteristik masakan yang mengandung materi pewarna alami, siswa yang lain menuliskan karakteristik masakan dengan pewarna buatan. 
3. Closure 
- Guru mendiskusikan ciri-ciri masakan yang memakai pewarna alami dan pewarna buatan yang telah dituliskan siswa didepan.
- Guru bersama siswa, mengambil kesimpulan formal dari ciri-ciri masakan yang memakai pewarna alami dan pewarna buatan. 
4. Aplikasi 
- Guru menampilkan beberapa teladan masakan yang memakai pewarna masakan buatan dan pewarna masakan alami, siswa diminta untuk menyebutkan jenis pewarna masakan yang digunakan. 
C. Penutup (10 menit) 
- Guru kembali memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran pada pertemuan ini, ialah mengenai karateristik umum masakan yang memakai pewarna alami dan masakan yang memakai pewarna buatan.
- Guru menghimbau siswa supaya selalu berhati-hati dalam menentukan materi masakan untuk dikonsumsi.
- Guru menugaskan siswa untuk mendaftar jenis materi pewarna yang dipakai pada beberapa masakan kemasan.
- Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
VIII. Penilaian Hasil Belajar
1. Tabel spesifikasi lembar penilaian
2. Lembar Kerja Siswa 1
3. Lembar Kerja Siswa 2
4. Lembar Kerja Siswa 3
5. Lembar evaluasi 1 (pengamatan sikap berkarakter)
6. Lembar evaluasi 2 (pengamatan keterampilan sosial)
7. Kunci Lomba Kompetensi Siswa 1, Lomba Kompetensi Siswa 2, dan Lomba Kompetensi Siswa 3.
IX. Sumber Belajar
1. Buku asuh IPA Sekolah Menengah Pertama kelas VII semester 1
2. Tabel materi pewarna makanan.
3. Informasi suplemen lain dari WEB, majalah, atau yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar